You are here
Home > Android > Awas! Bahaya Handphone saat Hujan Petir

Awas! Bahaya Handphone saat Hujan Petir

Siapa yang tidak tahu hujan? Pasti semua orang tahu akan yang namanya hujan. Hewan-hewan pun tahu yang namanya hujan. Yang namanya hujan pasti identik dengan petir. Iya bukan? Walaupun tidak selalu hujan petir. Tetapi setidaknya setiap hujan pasti ada petir.

Tahukah anda bahayanya petir? Petir mempunyai artian adalah gejala alam yang biasanya muncul pada musim hujan di saat langit memunculkan kilatan cahaya sesaat yang menyilaukan. Beberapa saat kemudian disusul dengan suara menggelegar yang disebut guruh. Perbedaan waktu kemunculan ini disebabkan adanya perbedaan antara kecepatan suara dan kecepatan cahaya dikutip dari Wikipedia.

Petir mempunyai bahaya yang sangat besar. Bahkan bisa membunuh manusia. Sangat dahsyat kekuatan petir.

Lalu apa hubunganmya dengan Handphone? . Di dalam handphone ada komponen yang dapat membuat petir menyambar handphone anda. Komponen apa itu? Seperti kabel dan besi. Serta jaringan internet. Nah ini dia yang dapat membuat petir menyambar handphone anda. Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan ini terjadi.

Cara mencegah hal yang tidak dinginkan

1)Matikan Smartphone anda saat terjadi hujan petir

Mengapa dimatikan? Karena jika dimatikan maka segala sitem di smartphone anda akan mati atau tidak bekerja. Sehingga saat terjadi hujan petir. Petir tidak menyambar smartphone anda.

2)Segera Jauhkan smartphone anda dari anda

Ini bermaksud jika smartphone anda tersambar petir anda tidak terkena dampak dari petir yang menyambar smartphone anda. Sudah banyak kejadian menimpa saudara saudara kuta yang dapat dilihat di telivisi karena memegang smartphone saat hujan petir.

3)Aktifkan mode pesawat (Airplane Mode)



Dengan mengaktifkan mode ini, jaringan pada smartphone Anda tentu tidak akan menyala sehingga petir tidak akan menyambar smartphone Anda. Mengapa demikian? Petir sering menyambar jaringan yang ada pada smartphone Anda (jaringan internet, telepon bahkan Televisi) Oleh sebab itu cukup berbahaya jika menggunakan smartphone ketika hujan petir.

Saya juga mau kasih tips agar anda juga terhindar dari segala dampak negatif dari petir. Walaupun judul nya Bahaya handphone saat hujan petir. Namun saya juga akan beri tips saat berkendara ataupun saat di luar rumah

Baca Juga : Cara Mendingingkan Smartphone

Bahaya hujan petir jika sedang berada di luar rumah

1) Pada saat berkendara motor

Jika anda berkendara lalu terjadi hujan petir. Anda harus berhenti dan anda  harus meneduh di tempat yang jauh dari pohon besar. Bahaya terbesar dari ini adalah pohon yang terkena sambaran petir lalu tumbang. Jadi jika Anda ingin meneduh, silahkan meneduh di gedung.

2)Menjauhi Kolam Renang

Seperti yang kita ketahui listrik dalam hal ini petir. Senang sekali dengan air. Jadi air akan menjadi perantara listrik. Oleh sebab itu Jika anda sedang berenang menjauh lah dari kolam renang sehingga anda tidak tersambar petir jika petir melepaskan aliran listriknya di kolam renang.

Bagaimana? Petir sangat berbahaya bukan? Jadi ayo lakukan tips dan trik yang saya berikan. Silahkan share ke teman-teman Anda agar postingan ini berguna bagi Anda dan teman-teman Anda serta orang yang Anda cintai.

Ok Mungkin sampai sini dulu Postingan tentang Bahaya Handphone Saat hujan petir. Jangan lupa tinggalkan comment. Terima Kasih dan Sampai jumpa.

Norbert Marcell
Saya hanya seorang anak muda yang ingin berbagi mengenai pelbagai macam hal yang saya ketahui. Instagram @norbert_marcell14

2 thoughts on “Awas! Bahaya Handphone saat Hujan Petir

Leave a Reply

Top