You are here
Home > Informasi Teknologi > Cara Membaca Kode QR, Cepat dan Mudah!

Cara Membaca Kode QR, Cepat dan Mudah!

Apa kabar para pembaca setia GuIlAnMu? Saya harap Anda baik-baik saja dan senang bisa bertemu dengan Anda. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi dan membahas mengenai cara membaca kode QR

Kode QR adalah sarana terbaru yang berfungsi untuk memudahkan manusia dalam mendapatkan informasi melalui kode-kode batang. QR adalah singkatan dari Quick Respone. Kemampuan kode QR dalam menyimpan informasi lebih besar daripada kode batang.

Cara Membaca Kode QR

Sesuai dengan singkatan QR, kode QR memiliki tujuan untuk menyampaikan informasi secara cepat dan mendapatkan respons yang cepat pula. Jika mau melihat kebelakang, sejarah QR hingga sekarang, memiliki perjalanan yang cukup jauh. Pada awalnya kode QR digunakan untuk pelacakan kendaraaan bagian di manufaktur . Lalu mulai berkembang dan meluas di seluruh bidang. Di Tanah Air sendiri, kode QR pertama kali diperkenalkan oleh Kompas dalam koran hariannya.

Nah jadi fungsi kode QR itu apa sih? Dikutip dari wikipedia, kode QR berfungsi bagaikan hipertaut fisik yang dapat menyimpan alamat dan URL, nomor telepon, teks dan sms yang dapat digunakan pada majalah, surat harian, iklan, pada tanda-tanda bus, kartu nama ataupun media lainnya. Atau dengan kata lain sebagai penghubung secara cepat konten daring dan konten luring .

Nah lalu bagaimana cara mengetahui informasi yang ada pada kode QR? Yuk kita simak bersama.

Baca juga: Android jadi lebih kece, Ini dia cara aktifkan developer options

Cara membaca kode QR

1.Unduh aplikasi QR barcode scanner di Play Store atau Anda bisa mengudnuhnya di aplikasi QR/ Barcode Scanner

2. Jika sudah silahkan dibuka aplikasi QR/Barcode Scanner

3. Maka akan secara otomatis, muncul layout untuk barcode ataupun QR.

4. Arahkan ke kode QR yang ingin dibaca

5. Pastikan sudah sesuai dengan kotak yang ada di smartphone

6. Biarkan aplikasi membaca kode QR yang ingin Anda ketahui informasi yang terdapat di dalamnya

7. Informasi dalam kode QR akan muncul di aplikasi tersebut. Informasi tersebut dapat berupa tautan, kontak atau yang lainnya.

Bagaimana mudah bukan? Saya rasa sangat mudah untuk membaca kode QR. OK mungkin sampai sini dulu postingan atau pembahasan mengenai cara membaca kode QR dengan mudah dan cepat. Jangan lupa tinggalkan komentar. Terima kasih dan sampai jumpa.

Norbert Marcell
Saya hanya seorang anak muda yang ingin berbagi mengenai pelbagai macam hal yang saya ketahui. Instagram @norbert_marcell14

One thought on “Cara Membaca Kode QR, Cepat dan Mudah!

Leave a Reply

Top