Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Android

Segala sesuatu di dunia ini mempunai kinerjanya masing-masing. Begitu pula dengan smartphone. Namun terkadang smartphone kita mempunyai kinerja yang cukup lelet. Oleh sebab itu pasti banyak orang  yang bertanya bagaimana cara mempercepat kinerja smartphone android? Itu memang tak salah. Karena memang nyatanya dalam kondisi lapangan banyak orang yang mencari hal tersebut termasuk saya.

Kinerja sebuah smartphone dipengaruhi oleh hardware dan software.  Smartphone dengan Pure Android atau Android murni akan menjalankan smartphone dengan lebih lancar dibandingkan dengan custom ROM.  Custom ROM akan memperberat kinerja dari hardware  sehingga secara tak langsung kinerja akan menjadi sedikit lebih lambat.

Kita memang tidak bisa mengubah hardware  dari smartphone kita. Sebenarnya bisa, namun harus melewati rangkaian proses yang sangat melelahkan dan membutuhkan biaya yang cukup besar. Lalu bagaimana dengan software? Software  dapat diubah namun harus melewati sistem Unlock Bootloader dan sebagainya.

Dengan cara demikian akan sangat berbahaya pada smartphone. Karena jika terjadi salah langkah satu saja, smartphone bisa menjadi rusak. Apakah tidak ada cara aman untuk mempercepat kinerja smartphone? Tentu saja ada beberapa hal yang dapat kita lakukan adalah mengurangi beban yang harus ditanggung oleh smartphone. Apa sajakah itu? Nanti akan saya bahas bersama.

Cara mempercepat kinerja smartphone android

1)Menghapus aplikasi yang tidak perlukan

Cara yang pertama ada menghapus aplikasi yang tidak diperlukan. Apakah ada hubungannya antara menghapus aplikasi dengan kinerja smartphone? Tentu masih ada hubungannya. Menghapus aplikasi juga bisa membantu mempercepat kinerja smartphone Anda karena makin banyak aplikasi yang terinstal, makin banyak aplikasi yang beraktifitas dibelakang layar.

Jika sudah beraktifitas dibelakang layar maka RAM akan terus bekerja. RAM akan terus bekerja akan memperlambat proses aplikasi atau pekerjaan yang sedang dilakukan. Bagaikan awan yang penuh dengan titik hujan lama kelamaan  akan turun ke bawah. Sama halnya dengan smartphone kita.

Baca Juga : Cara menghemat baterai smartphone android

2)Menggunakan aplikasi  pihak ketiga

Cara yang kedua ada menggunakan aplikasi pihak ketiga. Cara yang kedua ini lumayan untuk mempercepat kinerja smartphone Anda. Terdapat banyak aplikasi yang mempunyai fungsi  untuk mempercepat kinerja smartphone ,seperti Clean Master dan masih banyak lagi.  Fungsi dari aplikasi tersebut adalah untuk membersihkan RAM dari pelbagai aplikasi yang tidak digunakan oleh kita.

Jika RAM sudah dibersihkan maka kinerja smartphone akan kembali menjadi lebih cepat kembali. Jika Anda tertarik dengan aplikasi pihak ketiga silahkan Anda mengunduhnya di Google Play Store

3) Menutup dengan benar aplikasi yang sudah tidak digunakan

Cara yang ketiga adalah menutup dengan benar aplikasi yang sudah tidak digunakan. Cara yang terakhir  ini masih memiliki hubungan dengan nomor 2. Jika tadi menggunakan aplikasi sekarang kita lakukan secara manual. Mengapa aplikasi yang tidak ditutup dengan benar dapat memperlamat kinerja smartphone? Karena aplikasi itu akan terus bekerja di belakang layar sehingga RAM akan terus bekerja pada akhirnya akan memperlambat kinerja.

Bagaimana caranya agar aplikasi dapat tertutup secara benar? Mudah saja. Klik tombol recent app, lalu pilih close all . Setelah itu semua aplikasi yang sudah dikeluarkan akan tidak memperlambat kinerja smartphone Android Anda

Bagaimana mudah bukan? Saya rasa mudah dan dapat langsung Anda praktekan sekarang. Baik mungkin sampai sini saja pembahasan mengenai cara mempercepat kinerja pada smartphone Android. Jika merasa artikel ini bermanfaat silahkan di bagikan ke semua orang. Terima kasih dan sampai jumpa.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *