You are here
Home > Android > Cara Mengaktifkan Developer Options, Android Jadi Lebih Kece

Cara Mengaktifkan Developer Options, Android Jadi Lebih Kece

Apa kabar para pembaca GuIlAnMu? Saya harap Anda baik-baik saja dan senang bisa bertemu dengan Anda. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang cara mengaktifkan developer options.

Developer options atau opsi pengembang adalah salah satu fitur yang disediakan oleh android sendiri yaitu dalam setelan android. Opsi pengembang sendiri. Lalu apa manfaat dari opsi pengembang ini sendiri? Opsi pengembang memiliki banyak manfaat salah satunya adalah USB Debugging.

Cara Mengaktifkan Developer Options

USB Debugging itu apa sih? USB Debugging berfungsi untuk membantu Android Anda dalam berkomunikasi melalui port USB di komputer melalui sebuah sistem yang dinamakan ADB atau singkatan dari Android Debug Bridge.

Ternyata tidak saja untuk USB Debugging, masih banyak manfaat lain dari mengaktifkan developer options. Seperti menu-menu yang disembunyikan jika menggunakannya biasa. Adapun menu-menu tersebut adalah stay awake ,laporan BUG dan masih banyak lagi. Secara detail akan dibahas pada artikel berikutnya.

Nah agar Anda dapat mengaktifkan opsi pengembang ini, saya akan memberi tahu bagaimana caranya.

Cara Mengaktifkan Developer Options

  1. Buka setelan Android Anda.
  2. Jika sudah silahkan Anda scroll ke bawah
  3. Temukan menu bertuliskan About Phone atau Tentang Ponsel.
  4. Lalu scroll hingga menemukan informasi perangkat lunak. Jika tidak ada informasi perangkat lunak maka Anda bisa langsung melanjutkan ke step 5
  5. Tap nomor bentukan atau build number sebanyak 7 kali.
  6. Masukan pelindung smartphone Anda baik itu menggunakan PIN atau kata sandi (password) ataupun pola.

Dan selamat Anda sudah mengaktifkan opsi pengembang atau mengaktifkan developer options. Nah, silahkan masuk kembali ke setelan lalu cari menu developer options atau opsi pengembang. Disana Anda dapat mengaktifkan pelbagai macam fitur yang tidak bisa Anda rasakan jika tidak mengaktifkan opsi pengembang.

Jika Anda tidak ingin mengaktifkan opsi pengembang. Silahkan Anda matikan saja dengan cara men-tap pilihan Active atau aktif. Maka secara otomatis opsi pengembang akan non-aktif dan tidak berfungsi kembali. Jika Anda ingin mengaktifkan kembali, silahkan Anda tap kembali pilihan tersebut.

Mungkin sampai sini dulu postingan tentang cara mengaktifkan developer options atau cara mengaktifkan opsi pengembang. Jangan lupa tinggalkan komentar. Terima kasih dan sampai jumpa.

Norbert Marcell
Saya hanya seorang anak muda yang ingin berbagi mengenai pelbagai macam hal yang saya ketahui. Instagram @norbert_marcell14

One thought on “Cara Mengaktifkan Developer Options, Android Jadi Lebih Kece

Leave a Reply

Top