Cara Mengatasi File yang Tidak Bisa Dibuka

Dalam dunia Android sewajarnya file yang dapat  dibuka itu berformat .apk .exe .doc .txt .pdf dan masih banyak lagi. Tetapi terkadang terdapat file-file yang berformat aneh dan lucu seperti ***.download ****.420×500 dan masih banyak lagi yang tidak wajar dalam dunia Android. Tentu saja Android atau smartphone Anda tidak dapat membukanya karena dalam sistem Android tidak dapat mengolah perintah yang ada karena format tidak didukung

File berformat tidak wajar sering kali terjadi di Sistem Operasi Android. Entah mengapa hal seperti ini sering terjadi. Entah berasal dari sistem operasinya yang error atau pun kesalahan format saat penyimpanan. Pada saat pertama kali saya juga cukup kaget. Setelah mengunduh aplikasi dari luar play store. Saya ingin membukanya dan tidak bisa. Pesan kesalahan sistem android yang muncul adalah ”Can’t Open This File”. Saya cukup kaget membaca demikian.

Ketika saya belum menemukan cara memperbaiki hal demikian dan temen saya mendapatkan kasus yang sama. Kasusnya 1000 lebih dokumen foto RUSAK. Bayangkan jika foto-foto itu adalah foto-foto penting yang harus segera dibuka. Dengan menambahnya kasus tersebut saya melakukan penelitian apa yang membuat hingga sebuah dokumen atau file tidak dapat dapat dibuka. Oke agar tidak berlalu lama saya akan memberi tahu caran mengatasi file yang tidak bisa dibuka.

Cara Mengatasi File Yang tidak dapat dibuka

1)Buka aplikasi pengelola file atau file manager di smartrphone Anda. Biasanya file manger sudah ada di Android. Beberapa macam versi nama File saya atau file manager. Tapi bagi Anda yang belum mempunyai Anda bisa mengunduhnya di Play Store .Aplikasi yang saya sarankan adalah Astro File Manager, File Manager milik Asus.

2)Cari tempat/ location file yang mau dibuka

3)Jika Anda sudah menemukan file tersebut, silakan Anda tekan sedikit  lama hingga keluar tulisan 1 file dipilih

4)Lalu pilih menu setelan (biasanya bagian bawah kanan berlambang titik 3)

5)Jika sudah silakan klik rename

6)Ganti formatnya menjadi format yang wajar contoh .apk .gif .png .txt. Jika dokuemen  itu adalah aplikasi silahkan ubah ke .apk dan masih banyak lagi.

7)Jika terdapat pesan berikut “Mengganti Nama akan mengganti jenis file ini” Silahkan pilih OK atau Ya

8)Dan sekarang file tersebut dapat dibuka

Bagaimana? Sangat Mudah bukan? Jika masih tidak bisa anda bisa hubungi saya lewat email.

Note: Terdapat banyak sekali masalah yang dapat mempengaruhi sebuah dokumen tidak dapat dibuka. Ini salah satu masalah dan penangannya. Dari beberapa kasus-kasus teman-teman dapat disimpulkan bahwa ada beberapa masalah lain yang menyebabkan file tidak dapat dibuka, antara lain file korup, SD card mengalami kerusakan dan masih ada beberapa faktor lain

Ok mungkin sampai sini dulu postingan tentang Cara mengatasi file yang tidak dapat dibuka (android). Jangan lupa tinggalkan comment. Terima Kasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *