You are here
Home > Tips and Trick > Hanya 7 Langkah! Cara Mengubah Format CR2 ke JPEG

Hanya 7 Langkah! Cara Mengubah Format CR2 ke JPEG

Apa kabar para pembaca setia GuIlanMu? Saya harap Anda baik-baik saja dan senang bisa bertemu dengan Anda. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang cara mengubah format CR2 ke JPEG.

Pernahkah Anda menemukan file yang berformat CR2? File yang berformat CR2 adalah format file yang diciptakan oleh Canon. Inc. CR2 memiliki kepanjangan yaitu Canon Raw versi 2. Pembuatan tutorial ini saya lakukan berdasarkan pada pengalaman saya sendiri. Jadi waktu itu saya mau mensalin hasil jepretan teman saya yang menggunakan kamera DSLR Canon. Nah ketika dikirim tidak dapat dibuka. Sudah saya lakukan dengan cara membuka file yang tidak dapat dibuka pun tidak dapat.

Mengubah CR2 ke JPEG

Nah, oleh sebab itu saya mau sedikit berbagi bagaimana cara mengubah file format RAW (CR2) ke dalam format JPEG. Apa sih keuntungan menggunakan gambar berformat CR2? Gambar dengan berformat CR2 akan menghasilkan ukuran gambar yang besar. Itu disebabkan banyaknya detail yang ada pada gambar. Ok agar jepretan dari DSLR tidak sia-sia atau dapat dibuka di smartphone.

Cara mengubah gambar format CR2 ke JPEG pada windows

1) Silahkan Anda unduh sebuah aplikasi  bernama Photoscape

2)Lalu silahkan Anda install seperti biasa

3)Jika sudah dapat masuk ke aplikasinya silahkan pilih RAW Converter

4)Akan muncul sebuah pop up menu. Pilih add

5)Pilih foto yang mau diconvert atau diubah

6)Pilih convert

7) Tunggu beberapa saat dan foto tersebut sudah berformat JPEG

Cara mengubah gambar berfotmat CR2 ke JPEG pada Android

1)Silahkan Unduh aplikasi bernama Easy  RAW Converter pada play store

2)Setelah itu buka aplikasi tersebut

3)Akan ada 3 menu. Hanya ada satu yang terbuka yaitu pilih Select RAW File. Pilih foto yang mau diubah

4) Jika sudah silahkan pilih folder untuk menempatkan file tersebut.

5) Lalu pilih convert

6)Tunggu beberapa saat dan file tersebut sudah berformat JPEG

Nah dengan mengubah formatnya menjadi JPEG. Akan mengecilkan ukuran file, namun tetap  menjaga keapikan gambar tersebut. Selain cara diatas terdapat 2 cara lain. Yaitu menggunakan online dan menggunakan aplikasi bernama CR2 converter pada windows. Namun itu akan saya bagikan pada artikel berikutnya.

OK mungkin sampai sini dulu postingan pada kali ini tentang Cara mengubah gambar berfotmat CR2 ke JPEG. Jangan lupa tinggalkan comment. Terima kasih dan sampai jumpa

Norbert Marcell
Saya hanya seorang anak muda yang ingin berbagi mengenai pelbagai macam hal yang saya ketahui. Instagram @norbert_marcell14

Leave a Reply

Top