Jika kita mengikuti perkembangan teknologi pasti tidak akan ada habisnya. Mengapa? Karena hampir setiap hari teknologi-teknologi baru akan bermunculan setiap saat.

Bagi Anda para pecinta berat sistem operasi Android, ada kabar bagus. Android Q penerus dari Android Pie (9.0) sudah mulai meluncurkan versi betanya sejak 13 Maret 2019 yang lalu. Tetapi sayangnya, versi beta ini hanya dapat dirasakan oleh para pengguna gawai ciptaan Google yakni Pixel, Pixel 2, dan Pixel 3.

Logo Android Q

Nah seperti kebiasaan Google yang memberikan nama makanan untuk sistem operasinya, akankah Google akan melakukan hal yang sama pada Android Q ini? Jika kita menebak akan sulit untuk menemukan nama makanan yang berawalan Q. Adapun nominasi nya sebagai berikut

  • Queen of Puddings
  • Quiche
  • Quesito
  • Quindim
  • Queijadas

Mungkin nama-nama makanan tersebut asing di telinga kita ya. Ok, selanjutnya kita akan membahas fitur-fitur yang akan hadir di Android Q. Apa sajakah itu?

Baca juga : Cara membuat aplikasi android tanpa coding

Fitur-Fitur yang akan hadir di Android Q

  1. Dark Mode telah disempurnakan

Sebenarnya fitur Dark Mode telah hadir di Android Pie. Namun, seperti yang kita ketahui fitur ini belum dapat berjalan lancar. Oleh sebab itu pada Android Q fitur ini disempurnakan. Bahkan aplikasi yang mendukung fitur ini akan compatible dengan fitur tersebut

2. Opsi notifikasi akan diperbanyak

Nah berikutnya berkaitan dengan notifikasi. Ada beberapa orang yang sangat tidak menyukai notifikasi dan kebingungan cara mengatasi notifikasi yang mungkin tidak perlu. Nah di Android Q ini akan hadir lebih banyak opsi notifikasi diantaranya Block, Show Silently, dan Keep Alerting.

3.Fitur Screenshoot

Sekarang banyak sekali smartphone yang menggunakan notch atau poni. Ada juga smartphone yang mempunyai bentuk melengkung. Di Android Q nantinya screenshoot akan mengikuti bentuk dari smartphone Anda.

4. Membagikan jaringan Wi-fi dengan QR Code.

QR Code adalah salah satu teknologi yang memudahkan seseorang untuk melakukan sesuatu. Anda hanya men-scan lalu akan terkerjakan. Pada sistem Android 10 ini akan memudahkan Anda untuk membagikan jariangan Wi-fi hanya dengan QR Code. Waw, canggih ya.

5. Akan mendukung smartphone layar lipat

Seperti yang kita ketahui dunia industri smartphone sedang ramai dengan keberadaan smartphone layar lipat. Android Q pun tidak mau ketinggalan dengan kemajuan tersebut. Yaya, Google tidak mau ketinggalan zaman ya.

6. Screen recorder akan hadir secara langsung

Beberapa sistem UI sudah menerapkan sistem screen recorder pada smartphonenya. Namun bukan dari Android. Mulai Android Q, fitur tersebut akan disediakan oleh Android bukan lagi sistem UI.

Nah itu lah berbagai macam fitur keren Android Q. Sebenarnya masih banyak lagi fitur keren Android Q yang belum disebutkan oleh Google. Bagaimana? Tertarik? Jangan lupa untuk meninggalkan komentar dan sampai jumpa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.