Langsung Jago Komputer! Macam-Macam Hardware di Komputer

Apa kabar para pembaca setia GuIlAnMu? Saya harap Anda baik-baik saja dan senang bisa bertemu dengan Anda. Pada kesempatan ini saya akan berbagi tentang Macam-macam hardware CPU dan fungsinya.

Apa itu hardware? Hardware adalah suatu perangkat keras. Jadi segala suatu yang digigit keras itu namanya hardware. Hahaha Tidak hanya becanda. Hardware pada CPU itu cukup banyak dan memiliki fungsi yang cukup banyak juga.

Apa itu CPU? CPU kepanjangan dari Central Processing Unit. Dari namanya saja sudah kelihatan bahwa CPU ini merupakan central dari komputer. JIka tidak ada CPU maka tidak ada apa-apa di monitor.

Setiap Hardware mempunyai fungsi yang berbeda-beda oleh itu saya akan memberi tahu fungsinya satu persatu. Oke Let’s we start now!!

MACAM-MACAM HADWARE CPU DAN FUNGSINYA

Fungsi RAM

RAM adalah kepanjangan dari Random Access Memory. RAM Memiliki fungsi yang cukup penting dalam sebuah CPU. Fungi dari RAM adalah membantu kinerja komputer dalam hal penyimpanan sementara sebelum disimpan di hard disk. Contohnya seperti ini Anda mengetik pada MS Word “Badubarco” nah sebelum itu tersimpan maka akan tersimpan di RAM. Semakin besar RAM yang digunakan pada komputer maka akan semakin lambat pula.

Fungsi VGA

VGA singkatan dari Video Graphics Accelerator. Fungsi VGA card adalah menerjemahkan sinyal digital dari CPU menjadi tampilan grafis pada monitor. Jadi  tanpa VGA di monitor tidak akan muncul apa-apa. Makin tinggi VGAnya kecepatan Grafis yang dihasilkan makin cepat apalagi dalam bermain suatu game

Fungsi Hard Disk

Hard Disk adalah penyimpanan data komputer. Suatu Hard Disk dapat terbagi menjadi beberapa nama hard disk. Misalnya satu hard disk memiliki kapasitas 250 Gb nah dibagi menjadi beberapa hard disk 200 GB untuk local disk C dan sisanya untuk yang lain. Kecepatannya lebih lambat dari SSD. Apa itu SSD? SSD memiliki fungsi yang sama dengan Hard Disk namun berteknologi lebih cepat.

Baca juga : Bahaya Handphone saat Hujan Petir

Fungsi Power Supply

Power supply adalah hardware yang memberikan tenaga pada komputer. Jadi memiliki fungsi mengantarkan arus listrik ke dalam CPU dan mengubahnya menjadi DC yang sebelumnya AC. Tanpa Power Supply CPU tidak akan menyala



Fungsi Prosesor

Prosesor adalah otak dari komputer. Tanpa Prosesor  CPU tidak akan berjalan. Prosesor memiliki fungsi untuk memperoses data yang diterima dari masuk kemudian akan menghasilkan pengeluaran berupa output atau keluaran.

Fungsi FAN

Fan berguna untuk mendinginkan prosesor. FAN mengeluarkan hawa panas mejadi udara segar. Tanpa Fan Prosesor tidak akan bisa hidup.

Fungsi Motherboard

Motherboard mempunyai fungsi untuk menghubungkan antara beberapa komponen dengan komponen lainnya. Mortherboard sering disebut papan induk.Semua hardware ditempelkan di motherboard

Nah itu lah macam-macam hardware CPU dan fungsinya. Ada beberapa lagi namun diatas adalah yang pentingnya saja. Untuk yang lain Anda bisa mencari di Google.

OK mungkin sampai sini dulu postingan tentang Macam-macam hardware pada CPU dan fungsinya. Jangan lupa tinggalkan comment. Terima kasih dan sampai jumpa

About Norbert Marcell 97 Articles
Saya hanya seorang anak muda yang ingin berbagi mengenai pelbagai macam hal yang saya ketahui. Instagram @norbert_marcell14

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*