Macam-Macam Layanan di Internet yang Harus Kamu Ketahui

Melihat perkembangannya saat ini, internet merupakan suatu kebutuhan pokok bagi masyarakat luas. Bukan lagi barang mewah, internet sekarang sudah mudah didapat atau diakses. Berbagai pekerjaan ataupun kebutuhan dapat dengan mudah diselesaikan melalui internet. Layanan-layanan yang ada di internet memang sangat membantu, terlebih lagi tidak hanya satu jenis layanan, di internet banyak layanan yang siap membantu kebutuhan warga net
Di bawah ini adalah macam-macam layanan yang ada di internet, diantaranya :
Macam-macam layanan di internet
1.    E-Mail (Electronic Mail)
Electronic Mail (email)yang berarti surat elektronik ini berfungsi untuk  mengirim surat. Menurut sejarahnya layanan ini adalah layanan internet pertama di dunia. Bahkan di Wikipedia, e-mail tercipta sebelum internet diciptakan. Dengan adanya layanan E-Mailorang-orang dimudahkan dalam mengirim surat. Contoh layanan e-mail adalah Yahoo!, Gmail, dll.
2.      E-Commerce
E-Commerceadalah layanan internet yang digunakan untuk kepentingan ekonomi. Toko online merupakan salah satu contoh dari layanan E-Commerce. Dengan adanya layanan ini, kita tidak perlu pergi ke toko untuk berbelanja, karena kita bisa membeli barang secara daring. Contohnya di Lazada.
3.      E-Banking
Dengan adanya E-Banking proses transfer uang yang Anda lakukan bisa berjalan dengan cepat. Saat ini sudah banyak Bank yang menyediakan layanan ini, sehingga para pengguna bank tersebut tidak perlu pergi ke ATM untuk melakukan transfer uang. Bahkan beberapa bank sudah merambah ke dunia mobile, sehingga kegiatan transfer uang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.
4.       E-Learning
Merupakan sistem pembelajaran elektronik, dimana peserta didik dan guru tidak bertatap muka secara langsung melainkan dari jarak jauh. Komputer menjadi perantara diantara pengajar dan peserta didik. Dengan adanya E-Learning kita dapat membaca materi secara berulang-ulang. Namun dapat mengurangi interaksi antara guru dengan murid secara langsung.

5.      E-Government
E-Governmentmerupakan bentuk pelayanan pemerintahan terhadap masyarakatnya dengan memanfaatkan teknologi informasi. Ada beberapa model penyampaian utama yaitu Government to Citizen/Government to Customer (G2C), Government to Employ (G2E), Government to Business (G2B), dan Government to Government (G2G). E-Governmentdiharapkan dapat meningkatkan efisiensi , kenyamanan serta aksesbilitas yang lebih baik dari pelayanan publik.

6.      Milist (Mailing List)
Milistatau Mailing List adalah layanan yang digunakan untuk berdiskusi dalam suatu komuntias atau organisasi. Setiap anggota milist dapat membaca surat dari anggota lainnya yang berada dalam lingkaran grup diskusi. Dan setiap anggota juga berhak membalas surat atau tidak. Apabila ada salah satu anggota yang membalas pesan maka semua anggota yang berada dalam lingkaran grup diskusi akan mendapat balasan tersebut. Dalam milistsetiap orang dapat berlangganan atau berhenti berlangganan.
7.      IRC (Internet Relay Chat)
IRC atau akrab disebut layanan chattingadalah suatu teknologi dimana setiap orang dapat berinteraksi dengan orang lain yang jaraknya jauh. Dengan adanya teknologi ini kita dapat berkenalan dengan orang baru dan memperbanyak teman atau relasi. Kita pun bisa saling melihat wajah lawan bicara kita apabila komputer kita/orang tersebut dilengkapi WebCam.
8.      VOIP (Voice Over Internet Protocol)
VOIP memungkinkan kita untuk berbicara melalui telepon dengan biaya gratis. VOIP hanya membutuhkan koneksi internet sehingga tidak perlu menggunakan pulsa. Di Indonesia terdapat VOIP Rakyat, Anda bisa menggunakan fasilitas ini dengan gratis.
9.      World Wide Web (WWW)
Layanan internet yang berupa www sangat popular di tengah-tengah masyarakat, layanan ini memungkinkan kita semua bisa menjelajahi halaman website yang ada di internet. WWW pertama kali ditemukan pada tahun 1990. Para pencari informasi di internet memanfaatkan layanan di www guna mencari informasi dari internet. Sekedar mengingatkan saja meskipun layanan www ini bermanfaat sekali tetapi juga banyak sisi negatif yang juga ditawarkan seperti perjudian, pornografi dan trafficking.
10.  File Transfer Protocol (FTP)
FTP atau file transfer protocol adalah layanan di internet untuk melakukan transfer antara komputer dengan banyak server di internet. FTP digunakan untuk mengirim dan menerima file diantara komputer di seluruh dunia. Cukup banyak server di internet yang menyediakan layanan ini sehingga kita dapat menyalin sebuah atau banyak file ke komputer kita.

11.  Tele Networking (Telnet)

Telnet berfungsi untuk mengakses komputer/server dari jauh. Telnet merupakan program yang bisa membuat komputer menjadi pusat dari komputer lain di internet. Telnet membuat seorang pemakai komputer dapat masuk ke komputer lain dan menjalankan program di komputer tersebut. Namun dalam telnet kita hanya dapat menjalankan program dan perintah dalam mode teks saja. Saat ini telnet jarang digunakan karena koneksinya bisa dibajak atau dibaca. Versi telnet yang lebih aman adalah SSH atau Secure Shell yang pada prinsipnya sama, hanya saja transfer datanya diacak dengan sistem enkripsi sehingga tidak bisa dibajak di tengah jalan.

12.  Newsgroups

Newsgroups adalah layanan di internet yang merupakan salah satu dari mailing list di internet. Namun tidak seperti mailing list yang menggunakan email sebagai medianya, newsgroupmenggunakan jaringan khusus yang disebut sebagai UseNet. Dalam setiap komputer terdapat beberapa newsgroup yang kemudian dibagi berdasarkan topik umum dan dibagi lagi menjadi sub-topik dibawahnya. UseNet sendiri adalah sistem kelompok diskusi dengan artikel-artikel yang didistribusikan ke seluruh dunia. UseNet memiliki ribuan kelompok diskusi yang mencakup semua hal dan topik yang ada di dunia ini.

Demikian ulasan mengenai macam-macam layanan internet. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *