You are here
Home > Pendidikan > IPA > Organ-Organ Pada Tumbuhan

Organ-Organ Pada Tumbuhan

Apa kabar para pembaca setia GuIlAnMu? Semoga Anda baik-baik saja. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang organ pada tumbuhan.

Seperti yang kita ketahui bahwa tumbuhan merupakan makhluk hidup. Karena tumbuhan makhluk hidup, tumbuhan mempunyai organ-organ yang berfungsi untuk menunjang keberlangsungan hidupnya.

Organ-organ pada tumbuhan

Apakah tumbuhan memenuhi ciri-ciri makhluk hidup? Tentu saja iya. Tumbuhan melakukan berbagai macam gerak, tumbuhan berfotosintesis, tumbuhan menghasilkan karbohidrat dan air. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan organ pada tumbuhan.

Organ- Organ Pada Tumbuhan

Akar

Akar pada tumbuhan mempunyai fungsi untuk mengokohkan tubuh dari tumbuhan itu sendiri, menyerap air dan mineral melalui rambut-rambut akar , dan pada tanaman tertentu dapat digunakan untuk menyimpan cadangan makanan.

Secara struktural, akar pada tumbuhan terbagi menjadi 2 macam. Yang pertama akar tunggang. Akar tunggang dimiliki oleh tumbuhan berbiji atau Gymnospermae dan dikotil. Kedua akar serabut. Akar serabut dimiliki oleh tumbuhan paku dan monokotil,

Batang

Seperti yang kita ketahui, batang memiliki peran untuk menyokong tumbuhan yang ada di atas tanah, beberapa tempat menyimpan cadangan makanan dan pengangkutan zat.

Morfologi dari batang terdiri atas jaringan epidermis, korteks, jaringan transportasi dan empulur. Jaringan transportasi pada dikotil adalah teratur dan jaringan transportasi pada monokotil adalah menyebar

Baca juga : Macam-macam gerak pada tumbuhan

Daun

Berikutnya ada daun. Daun mempunyai peran untuk melakukan fotosintesis dan transpirasi (penguapan). Terdapat beberapa jaringan yang menyusun daun antara lain epidermis, palisade, spons, dan pengangkut.

Lalu proses fotosintesis terjadi dimana? Proses fotosintesis sendiri terjadi di mesofil (palisade dan spons) tetapi klorofil terdapat lebih banyak di bagian palisade. Dengan demikian tidak menutup kemungkinan spons pun bisa berfotosintesis.

Bunga

Alat reproduksi pada tumbuhan berbiji tertutup atau dalam bahasa latin Angiospermae adalah bunga. Bunga sendiri terdiri dari perhiasaan bunga dan alat reproduksi. Perhiasaan bunga sendiri terdiri dari mahkota yang menjadi daya tarik untuk serangga dan kelopak yang merupakan pelindung bunga.

Adapun organ reproduksi pada bunga adalah benang sari sebagai jantaan dan putik sebagai betina.

Buah



Pernah makan buah? Yap ternyata buah itu mempunyai fungsi sebagai penyimpan cadangan makanan hasil dari fotosintesis. Nah, keberadaan buah bagi sebuah tanaman dapat menarik perhatian hewan-hewan yang akan membantu penyebaran biji.

Dari cara terbentuknya buah dapat dibagi menjadi 2 yaitu buah semu dan buah sejati, Buah semu adalah buah yang terbentuk dari bakal buah dan bagian-bagian lain dari bunga tersebut. Adapun beberapa contoh buah semu jambu monyet (bakal buah dan tangkai bunga), nangka (bakal buah dan tangkai bunga serta tenda bunga), dan sebagainya. Buah sejati adalah buah yang terbentuk hanya dari bakal buah saja. Adapun contoh dari buah sejati adalah mangga, pepaya, dan durian.

Biji

Biji terdapat di dalam buah. Jika sebuah biji berkecambah maka akan ada tumbuhan baru yang muncul. Berdasarkan jumlah kotilodeonnya, biji dapat dibagi menjadi 2 yaitu dikotil dan monokotil.

Demikian pembahasan mengenai organ-organ pada tumbuhan. Jangan lupa untuk tinggalkan comment. Terima kasih dan sampai jumpa.

Norbert Marcell
Saya hanya seorang anak muda yang ingin berbagi mengenai pelbagai macam hal yang saya ketahui. Instagram @norbert_marcell14

Leave a Reply

Top