Generasi Z Tertua Sudah Beranjak Dewasa, Kamu Genereasi Apa?

Apakah dari kamu ada yang pernah mendengar istilah Generasi Z? Lebih sering mana mendengar kata Generasi Milenial? Biasanya kamu lebih sering mendengar kata Genearasi Milenial dibandingkan dengan Generasi Z. Lalu sebenarnya apakah definisi dari Generasi Milenial ini? Ada berapa generasi? Semua akan dibahas tuntas disini.

Generasi yang dimaksud adalah sebuah kelompok demografis. Dimana biasanya mewakili orang-orang yang lahir dan hidup pada suatu periode tertentu. Generasi Milinenial sendiri merupakan kelompok orang yang lahir diatas tahun 1980-1995 atau ada juga yang mengkategorikan dari tahun 1980-1997. Generasi Milenial sendiri sebenarnya adalah Generasi Y. Sebutan Generasi Milenial sendiri disebabkan generasi ini merupakan generasi yang melewati milenium kedua sejak teori mengenai generasi ini dikemukakan tahun 1923 oleh Karl Manheim.

Siapa sebenarnya Karl Manheim? Karl Manheim adalah seorang sosiolog yang mengenalkan teori tentang generasi untuk pertama kalinya. Hal tersebut diungkapan dalam esai yang dibuat olehnya berjudul “The Problem of Generation” Menurutnya, manusia-manusia di dunia ini akan saling memengaruhi dan membentuk karakter yang sama karena melewati masa sosio-sejarah yang sama. Dengan demikian dapat diartikan, manusia yang lahir pada zaman PD II akan berbeda dengan manusia yang lahir setelah PD II. Namun, kedua generasi manusia tersebut saling mempengaruhi.

Berdasarkan teori generasi yang dicetuskan oleh sosiolog kelahiran Hongoria tersebut. Para sosiolog, membagi manusia kedalam beberapa generasi yaitu, Generasi Era Depresi, Generasi Perang Dunia II, Generasi Pasca-PD II, Generasi Baby Boomer I, Generasi Baby Boomer II, Generasi X, Generasi Y (Generasi Milenial), Generasi Z, dan yang terakhir Generasi Alpha. Pembagian ini didasarkan oleh rentang tahun kelahiran. Walaupun beberapa ahli rentang tahun kelahirannya berbeda, tetapi biasanya rentang tahun tersebut tidak berbeda jauh antara yang satu dengan yang lain.

Baca juga : Fakta tahun 2020

Lalu sebenarnya siapakah generasi penerus Generasi Millenial? Yaps seperti yang telah dijabarkan diatas generasi penerusnya adalah Generasi Z. Generasi Z sendiri merupakan kelompok manusia yang lahir di rentang tahun 1998-2010. Namun hal tersebut berbeda di setiap negara. Mengapa demikian? Para ahli setuju bahwa orang-orang yang lahir di generasi internet—generasi yang sudah menikmati keajaiban teknologi usai kelahiran internet. Generasi Z sendiri merupakan anak-anak dari generasi X dan merupakan kakak dari Generasi Alpha

Belakangan ini, Generasi Z dikenal sebagai karakter yang lebih tidak fokus dari Generasi Y atau milenial. Namun walaupun tidak fokus, Generasi Z lebih serba-bisa. Selain itu Gen Z lebih individual, lebih menerima globalisasi, berpikiran lebih terbuka, lebih cepat terjun ke dunia kerja, lebih wirausahawan, dan yang terakhir serta pasti adalah lebih mudah memahami teknologi.

Generasi Alpha siapakah mereka? Generasi Alpha adalah sekelompok manusia yang lahir diatas tahun 2010. Dengan demikian orang tertua dari Generasi Alpha ini pada tahun 2020 adalah 10 tahun. Nah jika Generasi Z merupakan anak dari Generasi X. Generasi Alpha adalah anak dari Generasi Y atau milenial.

Bagi generasi terbaru ini, teknologi bukanlah hal yang tabu. Mengapa demikian? Karena Generasi Alpha ini hadir dan lahir di tengah betapa canggihnya teknologi yang ada. Tetapi pada kenyataannya, generasi yang merupakan adik dari Gen Z ini tidak kecanduan teknologi. Hal ini sangat berbeda dengan milenial yang sering kali selfie dan kecanduan teknologi.

Hal ini sangat sesuai dengan pernyataan dari sosiolog yang lahir di Hongaria, bahwa setiap generasi memiliki perbedaan. Namun saling mempengaruhi.

Sumber : tirto.id ; cnnindonesia.com

About Norbert Marcell 106 Articles
Saya hanya seorang anak muda yang ingin berbagi mengenai pelbagai macam hal yang saya ketahui. Instagram @norbert_marcell14

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*