Sistem Jaringan Komputer

Siapa yang tidak mengenal komputer? Komputer sudah menjadi bagian sehari-hari kita. Namun tahukah Anda bahwa komputer itu terhubung satu sama lain? Keterhubungan itu disebut sebagai sistem jaringan komputer. Nah ini lah penjelasan mengenai sistem jaringan komputer.

Jaringan Komputer adalah sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung melalui media komunikasi sehingga memungkinkan terjadinya pemakaian bersama sumber daya dan komunikasi data.

Pemakaian bersama sumber daya dikenal dengan istilah sharing , sedangkan yang dimaksud sumber daya dapat berupa hardisk, printer, scanner, dan CD ROM Drive. Adapun tujuan dari dibangunnya jaringan komputer adalah agar data yang dikirimkan dapat sampai kepada penerima dengan tepat dan akurat.

Dengan jaringan komputer kita dapat menghemat daya. Misalnya 1 printer untuk 5 komputer. Dengan demikian akan menghemat waktu serta tenaga.

Dalam sebuah sistem jaringan komputer, sertidaknya terdapat 3 komponen utama yaitu

  1. Host atau Node

Host merupakan sumber atau induk dalam jaringan. Node  merupakan komputer yang dioperasikan oleh pengguna

  1. Link

Link adalah media yang menghubungkan komputer yang satu dengan komputer yang lain. Media ini digunakan untuk menghubungkan komputer klien dan komputer server.

  1. Software

Software berfungsi mengatur dan mengelola node dalam jaringan.

Jenis-jenis Jaringan Komputer

Jaringan komputer terbagi lagi menjadi beberapa macam menurut jangkauan geografis, media, distribusi,peranan, dan topologinya. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai jenis-jenis jaringan komputer. 

Berdasarkan jangkauan geografis dibedakan menjadi:

Jaringan LAN

Jaringan LAN merupakan jaringan yang menghubungkan 2 komputer atau lebih dalam cakupan seperti laboratorium, kantor, serta dalam 1 warnet.

Jaringan MAN

Merupakan jaringan yang mencakup satu kota besar beserta daerah setempat. Contohnya jaringan telepon lokal, sistem telepon seluler, serta jaringan relay beberapa ISP internet.

Jaringan WAN

Merupakan jaringan dengan cakupan sebuah negara. Contohnya jaringan PT. Telkom, PT. Indosat, serta jaringan GSM Seluler seperti Satelindo, Telkomsel, dan masih banyak lagi.

Jaringan GAN
Global Area Network adalah jaringan yang mencakup seluruh dunia. GAN inilah yang disebut dengan Intertnet. Jaringan ini lah yang sering kita gunakan setiap hari.

Baca Juga: Sejarah Perkembangan Internet.

Berdasarkan distribusi sumber informasi/data dibedakan menjadi:

Jaringan terpusat

Jaringan ini terdiri dari komputer klient dan server yang mana komputer klient yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer server

Jaringan terdistribusi

Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klient membentuk sistem jaringan tertentu.

Berdasarkan media transmisi data dibedakan menjadi:

Jaringan Berkabel (Wired Network)

Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.

Jaringan Nirkabel (Wireless Network)

Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan. Contohnya adalah bluetooh, Wi-fi.

 Berdasarkan peranan Komputer dalam Proses Data

Jaringan Client-Server

Pada jaringan ini terdapat 1 atau beberapa komputer server dan komputer klien. Komputer yang akan menjadi komputer server maupun menjadi komputer klien dan diubah-ubah melalui software jaringan pada protokolnya. Komputer klien sebagai perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server menyediakan informasi yang diperlukan oleh komputer klien.

Jaringan Peer-to-peer

Pada jaringan ini tidak ada komputer klien maupun komputer server karena semua komputer dapat melakukan pengiriman maupun penerimaan informasi sehingga semua komputer berfungsi sebagai klien sekaligus sebagai server.

Berdasarkan Jaringan Topologinya

Topologi Mesh

Topologi Mesh adalah bentuk hubungan antar perangkat dimana setiap perangkat terhubung secara langsung ke perangkat lain yang ada di dalam jaringan. Dalam topologi mesh setiap perangkat dapat langsung berkomunikasi dengan perangkat yang dituju

Topologi Star

Topologi star adalah bentuk topologi jaringan yang berpusat pada satu node tengah ke setiap node atau pengguna. Pada topologi star dibutuhkan bantuan alat lain untuk mengkoneksikan jaringan komputer. Contoh alat bantu yang dipakai adalah hub atau switch

Topologi Ring

Topologi ring (cincin) adalah topologi jaringan berbentuk rangkaian titik yang masing-masing terhubung ke dua titik lainnya sehingga membentuk jalur melingkar. Pada topologi ring semua node berfungsi sebagai repeater yang akan memperkuat sinyal di sepanjang jaringan

Topologi Bus

Topologi Bus adalah topologi yang awal digunakan untuk menghubungkan komputer. Dalam topologi ini masing-masing komputer akan terhubung ke satu kabel panjang dengan beberapa terminal, dan pada akhir dari kabel harus diakhiri dengan satu terminator

Demikian pembahasan mengenai sistem jaringan komputer. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *