Sistem Jaringan Pada Tumbuhan

Apa kabar para pembaca setia GuIlAnMu? Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi mengenai sistem jaringan pada tumbuhan.

Tumbuhan itu juga masuk ke dalam makhluk hidup lho. Karena tumbuhan memenuhi syarat untuk disebut sebagai makhluk hidup. Apakah itu? Silahkan Anda baca di Ciri-ciri makhluk hidup. Nah? Apakah mereka bergerak? Tentu saja mereka bergerak tetapi bukan secara aktif seperti manusia dan hewan.

Baca juga : Macam-macam gerak pada tumbuhan.

Oke kita akan beranjak ke inti dari artikel ini. Jaringan pada tumbuhan. Anda pasti tahu dalam sistematika organisasi kehidupan terdapat yang namanya jaringan. Jaringan adalah sekumpulan sel yang memiliki tujuan yang sama. Nah jadi apa saja sih jaringan pada tumbuhan? Yuk kita bahas bersama.

Macam-macam jaringan pada tumbuhan

Jaringan meristem

Jaringan Meristem adalah suatu jaringan pada tubuh tumbuhan yang berisikan sekumpulan sel yang belum berdiferensiasi dan aktif beraktivitas dalam melakukan pembelahan sel. Pembelahan sel itu apa sih? Pembelahan sel adalah proses pembelahan yang membagi menjadi satu sel induk dan dua sel anak. Nah, karena jaringan meristem aktif dalam membelah ia bertanggung jawab atas pertumbuhan di tumbuhan tersebut,

Ciri-ciri jaringan  meristem

  • Selnya berbentuk prismatis, kubus atau membulat.
  • Tesusun dari sel-sel yang aktif membelah.
  • Antara sel satu dengan sel lainnya tidak terdapat ruang atau rongga, sehingga struktur jaringanya menjadi padat.
  • Pada sel terdapat protoplasma dalam jumlah yang banyak
  • Sel mudanya masih belum berdiferensiasi, sehingga dapat tumbuh menjadi jaringan apa saja.
  • Tiap sel memiliki satu atau dua inti sel yang berukuran besar.
  • Bagian dalam selnya tidak memiliki kandungan zat makanan hal ini disebabkan karena Plastida dalam jaringan meristem belum matang. Plastida adalah organel yang dinamis dan mampu membelah serta memiliki kegunaan sebagai tempat pembuatan atau penyimpanan suatu senyawa kimia penting.
  • Vakola pada sel berukuran kecil atau bahkan tidak ada sama sekali. Vakuola adalah organel dalam sel. Vakuola berisi cairan yang banyak mengandung molekul organik.

Jaringan meristem ini meliputi daerah ujung akar dan ujung batang yaitu meristem primer dan kambium yaitu meristem sekunder.

Jaringan dewasa

Apasih jaringan yang dewasa itu? Jaringan yang sudah mengalami pubertas? Tentu bukan! Jaringan dewasa yang dimaksud disini adalah jaringan yang sudah mengalami diferensiasi. Diferensiasi itu apa sih? Diferensiasi adalah saat dimana perubahan dari sekumpulan sel menjadi suatu organ yang memiliki struktur dan fungsi yang berbeda.



Ciri-ciri jaringan dewasa

  1. Tidak melakukan aktivitas membelah diri
  2. Ukuran sel relatif lebih besar daripada sel meristem, vakuola berukuran besar
  3. Plasma sel sedikit hanya seperti selaput yang menempel pada dinding sel
  4. Sel kadang telah mati (tidak ada sitoplasma)
  5. Terdapat ruang antar sel, kecuali pada epidermis.

Macam-macam jaringan dewasa

  • Jaringan Epidermis

Jaringan epidermis adalah jaringan yang berbentuk seperti balok dan tersusun sangat rapat dan berfungsi untuk melindungi jaringan dibawahnya. Jaringan epidermis juga dapat bermodifikasi menjadi stomata, trikoma, gutatoda, atau bulu-bulu akar. Organ tersebut adalah epidermis yang mempunyai fungsi tertentu.

  • Jaringan Parenkim

Jaringan parenkim merupakan jaringan dasar yang mempunyai fungsi untuk menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan, tempat fotosintesis, dan dapat untuk transportasi. Jaringan parenkim pada batang dan akar yaitu korteks, empulur dan jari-jari empulur. Pada daun, jaringan parennkim terdapat pada jaringan palisade dan spons atau mesofil.

  • Jaringan pengangkut

Tumbuhan juga memiliki sistem transportasi sama halnya seperti manusia. Jaringan pengangkut pada tumbuhan terdiri atas pembuluh kayu (xylem) dan pembuluh tapis (floem. Dimana xylen berfungsi untuk mengangkut air dari akar ke daun dan pembuluh tapis berfungsi untuk mengedarkan makanan ke seluruh tubuh.

  • Jaringan penyongkong

Jaringan penyongkong mempunyai fungsi untuk memperkuat tubuh tumbuhan itu sendiri. Jaringan penyongkong terdiri atas jaringan kolenkim dan skelerenkim. Kolenkim merupakan jaringan muda dan mengandung banyak selulosa. Dan skelerenkim merupakan jaringan tua dan mengandung banyak lignin.

Demikian pembahasan mengenai jaringan pada tumbuhan. Jangan lupa untuk tinggalkan comment. Terima kasih dan sampai jumpa

Norbert Marcell

Hanyalah seorang anak laki-laki yang berusaha membantu orang lain @Norbert_marcell14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *