Sistem Pernapasan Manusia

By | November 19, 2018

Manusia sebagai makhluk hidup memiliki ciri-ciri salah satu diantaranya adalah bernafas. Dalam sistem pernapasan manusia terdapat organ utama yaitu paru-paru. Melalui hidung, manusia menghirup oksigen (O2) yang berada bebas di udara. Gas karbondioksida (CO2) yang tidak dibutuhkan di dalam tubuh di keluarkan pada proses pernapasan berlangsung.

Intinya, bernapas merupakan kegiatan menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida. Pada kesempatan ini saya akan berbagi mengenai pembahasan sistem pernapasan manusia, meliputi susunan sistem pernapasan pada manusia dan fungsinya, kapasitas paru-paru, mekanisme pernapasan, dan gangguan yang dapat terjadi pada sistem pernapasan pada manusia.

Organ Sistem Pernapasan manusia

  • Rongga hidung

Rongga hidung adalah organ pertama yang dilalui oleh udara yang masuk kedalam tubuh. Dalam rongga hidung terjadi proses penyesuaian suhu dan penyaringan kotoran oleh rambut-rambut hidung. Penyaringan kotoran juga dilakukan oleh selaput lendir yang ada pada hidung.

  • Sinus

Sinus bukanlah penyakit melainkan sebuah organ pernapasan yang berada di pada tengkorak, baik di sekitar wajah, belakang tulang pipi, hidung, dan dahi. Organ ini berisi udara.  Organ ini sendiri berhubungan langsung dengan hidung

  • Laring

Laring mempunyai peran ganda, yaitu dalam hal pernapasan sekaligus dalam membantu berbicara.

  • Faring

Organ faring ini dilewati oleh makanan dan minuman saat proses menuju saluran pencernaan selanjutnya. Selain itu faring juga berperan untuk kemampuan dalam berbicara.

  • Trakea

Trakea sering disebut tenggorokan. Merupakan jalan udara utama menuju paru-paru. Organ ini terletak di bawah laring.



  • Bronkus

Adalah organ yang bercabang dari trakea menuju paru-paru. Fungsi bronkus adalah mengambil udara untuk selanjutnya diteruskan ke paru-paru.

  • Paru-paru

Paru-paru merupakan organ terbesar dan memiliki peranan penting dalam sistem pernapasan, yang bertugas untuk menampung udara dan menyediakan oksigen untuk seluruh aktivitas di dalam tubuh yang dialirkan melalui pembuluh darah, dan mengembuskan karbondioksida ke luar tubuh.

  • Alvelous

Alvelous adalah organ tempat terjadinya pertukaran antara oksigen dengan karbon dioksida. Pertukaran itu terjadi secara difusi.

  • Diafragma

Didalam sistem pernapasan manusia, diafragma adalah otot utama. Organ ini dapat berkontraksi dan rileks secara bergantian, sehingga membuat udara dapat masuk ke dalam paru-paru.

Kapasistas Paru-paru

Sebuah organ pastilah mempunyai kapasistas masing-masing. Dalam hal ini paru-paru pun mempunyainya.  Kapasitas tersebut dibedakan menjadi beberapa jenis, jenis tersebut dibedakan menurut banyaknya kapasitas udara. Meliputi volume tidal, komplementer, suplementer, residu, vital paru-paru, dan total paru-paru.

  • Volume Tidal: adalah udara yang keluar masuk pernafasan dalam kondisi normal. Besar kapasitas volume tidal adalah 0,5 liter atau 500 ml
  • Volume Komplementer: adalah kapasitas maksimal udara yang dapat dihirup dengan sekuat-kuatnya atau maksimal. Kapasitas volume komplementer adalah 1,5 liter atau 1500 ml.
  • Volume Suplementer: adalah kapasitas maksimal udara yang dihembuskan dengan sekuat-kuatnya atau maksimal. Kapasitas volume suplementer adalah 1,5 l atau 1500 ml.
  • Volume Residu: adalah sisa udara yang terdapat di paru-paru setelah dihembuskan dengan sekuat-kuatnya. Total volume residu: 1.000 ml.
  • Kapasitas Vital Paru-Paru (KVP): merupakan jumlah dari volume tidal + volume komplementer + volume suplementer. Dalam arti lain, kapasitas vital paru-paru adalah kapasitas paru-paru dalam menghembuskan dan menarik nafas. Kapasitas vital paru-paru adalah 3.500 ml.
  • Kapasitas Total Paru-Paru (KTP): merupakan jumlah dari kapasitas vital + volume residu. Dalam kata lain, kapasitas total paru-paru dalam menghembuskan dan menarik nafas serta udara yang ada di dalam paru-paru. Kapasitas total paru-paru adalah 4.500 ml.

Demikian pembahasan sistem pernapasan manusia. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *