Tips Menghemat Baterai Smartphone Android

Sudah banyak yang tahu bahwa perangkat android mempunyai konsumsi daya baterai yang sangat besar sehingga bisa dibilang boros. Maka dari itu sebagai pemilik smartphone basis android mencari tahu terkait tips menghemat baterai smartphone menjadi salah satu hal penting yang wajib diketahui. Untuk itu simaklah baik-baik penjelasan yang ada di bawah ini.

Tips Menghemat Baterai Smartphone

Inilah Tips Menghemat Baterai Smartphone yang Wajib Diketahui

  • Memakai background warna hitam

Jika Anda mempunyai handphone yang mempunyai layar berjenis AMOELD, maka sebaiknya menggunakan background gelap atau berwarna hitam saja. sebab semakin gelap warnanya maka dapat dipastikan jika konsumsi daya baterainya juga sedikit. Biasanya yang dibekali dengan layar model tersebut adalah Samsung.

  • Senyapkan getar

Bagi sebagian orang menyalakan getar akan memudahkan mereka dalam mengetahui apakah ada pesan masuk atau tidak. Namun jika hal ini tidak terlalu dibutuhkan sebaiknya senyapkan saja getarnya dan ini dapat menjadi tips menghemat baterai smartphone. Dengan begitu baterai tidak akan terkuras banyak.

  • Mengurangi screen timeout

Screen timeout atau waktu mati otomatis layar smartphone akan membuat baterai tersedot lebih banyak jika pangaturannya salah. Lalu hal yang harus Anda lakukan adalah menguranginya, dalam artian sebelumnya aturannya 1 menit ubah menjadi 30 atau bahkan 15 detik. Selain itu usahakan untuk langsung mematikan layar jika sudha tidak digunakan.

  • Lakukan pengisian daya setiap ada kesempatan

Tak jarang orang melupakan tips sepele ini karena alasan terburu-buru atau lupa. Padahal kegiatan kecil ini dapat menjadi cara untuk menghemat baterai.

Sewaktu Anda mempunyai kesempatan untuk melakukan charge, segerakanlah. Meskipun sedikit tidak apa supaya daya tidak dibiarkan kosong sampai 0%.

Baca juga : Cara mempercepat kinerja smartphone

  • Tidak perlu menggunakan auto-brightness

Memang sangat menyenangkan jika Anda mempunyai HP dengan layar auto-brightness. Pasalnya Anda tidak perlu menyesuaikan lagi ketika berada di tempat berbeda, karena layar sudah diatur otomatis untuk memancarkan kecerahannya.

Namun saat Anda ingin baterai lebih hemat, tidak perlu menghidupkan pengaturan ini. Lebih baik manual saja namun baterai awet dan tidak mudah habis.

  • Mematikan fitur-fitur yang tidak terpakai

Di smatphone sendiri ada sejumlah fitur yang ternyata bisa menyerap daya baterai dengan kapasitas besar. Adapun diantaranya ialah Bloetooth, GPS, NFC, Air Gestures, dan Smart Scrolling.Nah, disitu peran Anda yang harus dimaksimalkan, yakni dengan mematikan fitur yang memang diperlukan supaya daya baterai lebih bisa diajak hemat.

Itulah 6 tips menghemat baterai smartphone yang sangat mudah untuk Anda lakukan karena tidak menguras tenaga. Selain berguna bagi android, sejumlah cara diatas juga dapat Anda terapkan untuk smartphone model iso ataupun windows phone.

Karena meskipun tidaklah sama dalam hal fitur, namun pengaturan-pengaturannya mirip sehingga dapat menggunakan cara yang sama.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *