Ini Dia Tips & Trick Menjaga Keamanan Website 100% Aman

Keamanan Website merupakan suatu yang sangat diperlukan atau menjadi hal yang penting bagi para pembuat website atau setidaknya para blogger. Kemananan wesbite sendiri jika tidak ditanggapi dengan serius dapat berakibat fatal. Mengapa? Bisa saja para hacker mengambil data dari website Anda atau merusak website Anda . Hal-hal seperti itu dapat berbahaya sekali bagi website Anda. Atau ada sebuah celah yang terdapat di website Anda lalu para hacker memasukan virus disana sehingga website saya error.

Mungkin banyak para website developer atau para blogger yang tidak terlalu memperhatikan masalah ini. Tetapi mulai sekarang, hal ini sudah menjadi sesuatu yang mengerikan Mengapa saya katakan demikian? Sebuah institusi bernama Whitehat Security menerbitkan laporan secara berkala dan mengatakan setidaknya ada 86 % website dari seluruh dunia yang memiliki satu celah bahkan lebih keamanan internet yang sangat serius. Mengerikan bukan?

Lalu bagaimana cara mengamankan website agar tetap aman? Terdapat banyak cara untuk mengamankan website agar tetap aman. Lalu apa sajakah itu? Berikut ulasannya

Tips & Trick Menjaga Keamanan Website

1) Enkripsi-kan pada website Anda.

Apa itu enkripsi? Enkripsi adalah metode atau cara yang banyak digunakan untuk mengubah data dalam website sedemikian rupa sehingga keamanan data atau informasi pada website terjaga. Enkripsi sendiri berasal dari bahasa Yunani Kryipstos yaitu Encryption yang berarti rahasia

Nah, apa maksudnya enkripsi-kan website Anda? Yap website juga harus dienkripsikan atau dirahasiakan data-datanya sehingga para hacker kesulitan untuk mendapatkan informasi pada website Anda atau kesulitan untuk merusak website Anda.

Caranya bagaimana? Salah satu caranya adalah menggunakan SSL pada website Anda. Apa itu SSL? SSL adalah singkatan dari Secure Socket Layer,  dan mempunyai arti sebuah protokol keamanan untuk mengamankan website. Penerapan SSL dengan membeli sertifikatnya  ( SSL Certificates) dan website Anda akan aman. Apakah website ini sudah menggunakan SSL? Tentu sudah. Apa buktinya? Website ini beralamatkan https://www.guilanmu.net dan sudah ada sertifikatnya

2)Backup data dan file yang ada pada website Anda

Mem-backup data atau mencadangkan data adalah suatu hal yang penting. Cara pertama masih mungkin diserang oleh hacker jika hacker itu sudah memiliki ilmu meretas yang tinggi. Nah untuk mencegah terjadi hal-hal yang tidak diinginkan Anda disarankan untuk mencadangkan semua data website Anda.

Dimana Anda dapat menyimpan data  website Anda? Anda bisa menyimpannya di komputer, laptop atau gawai Anda. Selain itu Anda dapat menyimpannya di Google Drive atau penyimpanan awan lainnya. Dengan demikian jika sampai terjadi kerusakan pada website Anda. Anda dapat dilakukan pengembalian data atau restore. Sehingga websitie Anda akan kembali normal

3)Selalu Up-to-date

Ya, Up to date. Layaknya Anda meng-update setiap aktifitas Anda di sosial media, website pun harus diperlakukan demikian. Mengapa? Peng-update-an yang dilakukan oleh para provider (seperti halnya plugin di WordPress) untuk memperbarui plugin tersebut dan untuk membenahi celah keamanan yang ada. Jika Anda tidak meng-update-nya. Kemungkinan untuk diserang oleh hacker besar.

Namun bagaimana jika tidak sempat untuk meng-update-nya? Mudah saja, Silahkan Anda pilih hosting yang mempunyai fitur untuk memberi tahu Anda untuk meng-update dan meng-update secara otomatis jika tidak di-update dalam jarak waktu tertentu

4) Pemilihan hosting yang baik

Hosting sangat mempengaruhi sebuah website. Mulai dari kecepatan website hingga keamanan website. Oleh sebab itu pemilihan hosting haruslah dengan teliti. Memperhatikan setiap keunggulan hosting. Terdapat banyak sekali hosting yang tersedia di Indonesia. Bahkan ada beberapa dari hosting tersebut yang memilikii server di Indonesia. Sehingga kecepatan website Anda akan cepat jika diakses oleh warga net.

Setidaknya hosting tersebut  menyediakan SSL CertificatesFitur PacthMan, mendapatkan domain gratis jika berlangganan hosting dengan ketentuan tertentu dan tentunya harga dari penyewaan hosting murah.      Jika penyedia hosting sudah memiliki seperti itu. Saya jamin website Anda akan aman.

Lalu hosting apakah yang memenuhi standar seperti diatas? Memperkenalkan Dewaweb. Dewaweb adalah salah satu penyedia Cloud Hosting di Indonesia. Dengan pelayanan 24/7 oleh ninja Dewaweb. Dijamin semua masalah website Anda teratasi.

Lalu Mengapa memilih Dewaweb? Berikut Alasannya

Alasan mengapa memilih Dewaweb sebagai penyedia hosting Anda

1) Dewaweb menggunakan teknologi Cloud Hosting 

Ya, Dewaweb adalah penyedia hosting dengan teknologi Cloud Hosting murah pertama di Indonesia yang sudah mendapatkan sertifikat dari ISO/IEC 27001. Apa keunggulan cloud hosting dibandingkan dengan shared hosting? Cloud hosting menghubungkan beberapa server yang berfungsi sebagai satu kesatuan. Pada akhirnya tidak tergantung pada satu server saja.

Jika salah satu server bermasalah server yang lain akan segera mengambil alih data yang ada. Dengan hal ini website tidak akan mengalami down. JIka salah satu server pelanggan mengalami down. Maka server pelanggan lain tiak akan mengalami down.  Dengan hal ini pula jika hacker merusak salah satu server, maka website Anda akan tetap aman karena server yang lain akan menggantikan.

2) Dewaweb memberikan SSL Certificates gratis

Seperti yang dikatakan diatas, SSL Certificates  merupakan suatu hal yang penting untuk menjaga keamanan website Anda. Untuk mendapatkan SSL Certificates dibutuhkan biaya yang cukup mahal. Mungkin untuk para pengusaha itu tidak menjadi masalah. Namun bagi para blogger pemula. Itu menjadi masalah.

Dewaweb memahami hal tersebut. Dewaweb memberikan SSL Certificates  secara cuma-cuma dan berlaku untuk selamanya. Keren bukan? Jadi jika Anda berlangganan hosting di Dewaweb. Anda akan mendapatkan SSL certificates  yang akan membantu Anda menjaga keamanan website Anda.

3)Dewaweb memiliki fitur PatchMan dan Bitninja

Ya, kedua hal yang ditawarkan oleh Dewaweb adalah fitur yang dapat membantu keamanan website Anda. Bagaimana tidak? Dengan PatchMan website Anda akan selalu up-to-date . Sama halnya dengan PatchMan, BitNinja memiliki fungsi untuk melindungi hosting Anda dari serangan botnet dan DDoS Layer 7 berbasis HTTP menggunakan metode “port honeypot”

Dengan demikian website dan hosting Anda akan aman dari serangan Malvare, virus dan serangan dari para hacker.

4)Dewaweb menyediakan fitur Time Machine backup

Dewaweb menyediakan backup secara berkala. Apa yang dimaksud secara berkala? Yang dimaksud secara berkala adalah proses pencadangan dilakukan setiap hari atau jika Anda membuat perubahan pada website Anda. Dengan demikian website Anda akan selalu terjaga. Jika terserang oleh virus atau malware. Anda dapat mengembalikan atau restore  kembali data yang ada.

Selain itu, Anda juga dapat mengunduh data kedalam komputer Anda. Baik pencadangan sepenuhnya atau hanya bagian tertentu atau setengah bagian.

Ya, dengan Dewaweb. Semua tips dan trick yang saya bagikan diatas terjamin . Oleh sebab itu jangan lupa untuk memilih Dewaweb sebagai penyedia hosting Anda. Dengan keunggulan SSL certificates gratis, domain murah, hosting murah dengan domain gratis.

Ok mungkin itu saja yang dapat saya bagikan mengenai Tips dan trick menjaga keamanan website Anda. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar dan bagikan artikel ini di sosial media Anda. Stay cool and see you next time 

Sumber: diadaptasi dari beberapa sumber serta pengalaman pribadi .

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.