You are here
Home > Pendidikan > IPA > Tumbuhan Juga Bisa Gerak Lho! Macam-Macam Gerak pada Tumbuhan

Tumbuhan Juga Bisa Gerak Lho! Macam-Macam Gerak pada Tumbuhan

Selaku makhluk hidup, tumbuhan juga melakukan gerak. Namun gerak pada tumbuhan bersifat pasif berbeda dengan manusia dan hewan yang bersifat aktif. Yang dimaksud pasif adalah tidak berpindah tempat (gerakannya yang terbatas). Pada tumbuhan hanya pada organ tertentu saja yang bergerak, itu yang disebut dengan terbatas.

Sama halnya dengan manusia dan hewan, tumbuhan juga bergerak karena ada rangsangan. Dengan demikian tumbuhan memenuhi salah satu ciri-ciri makhluk hidup yaitu peka terhadap rangsangan (iritabilitas). Gerak pada tumbuhan secara umum terbagi menjadi 2 yaitu etionom dan endonom. Gerak etionom adalah gerak yang terjadi karena menanggapi (respons) dari pengaruh luar. Sedangkan gerak endonom adalah gerak yang terjadi bukan karena pengaruh dari luar, tetapi dari tumbuhan itu sendiri

Gerak Etionom

1) Gerak Nasti

Definisi dari gerak nasti sendiri adalah gerak yang terjadi karena pengaruh dari luar (etionom), tetapi arah gerak tumbuhan tidak mengikuti arah datangnya rangsangan. Beberapa gerak nasti yang terkenal adalah seismonasti (putri malu), niktinasti (gerak menutupnya daun majemuk pada malam hari), fotonasti (mekarnya bunga pukul empat), termonasti, dan nasti kompleks (gabungan dari beberapa gerak nasti)

2) Gerak Tropisme

Gerak tropisme berbeda dengan gerak nasti. Apa yang membuat gerak tropisme berbeda dengan gerak nasti? Jika gerak nasti tidak mengikuti arah datangnya rangsangan, gerak tropisme mengikuti arah datangnya rangsangan. Dengan demikian pengertian dari gerak tropisme adalah gerak yang terjadi karena pengaruh dari luar (etionom), dengan arah gerak tumbuhan mengikuti arah datangnya rangsangan.



Gerak tropisme terbagi menjadi 2 yaitu gerak tropisme negatif dan tropisme positif. Tropisme negatif berarti berlawanan dengan datangnya rangsangan. Sebaliknya tropisme positif beraruti mengikuti arah datangnya rangsangan. Beberapa macam gerak tropisme yang terkenal adalah fototropisme (bengkoknya tumbuhan ke arah datangnya sinar matahari), geotropisme (tumbuhnya akar menuju inti bumi), tigmotropisme (gerak membelit batang atau ujung sulur markisa dan mentimun)

3) Gerak Taksis

Gerak taksis memiliki perbedaan yang sangat berbeda dari semua macam gerak pada tumbuhan. Gerak taksis adalah gerak keseluruhan tubuh (berpindah tempat) yang arah perpindahan tumbuhan dipengaruhi oleh rangsangan. Sama halnya dengan tropisme, taksis memiliki 2 jenis yaitu taksis positif dan taksis negatif. Positif berarti mengikuti arah datangnya rangsangan dan negatif berarti berlawanan dengan arah rangsangan.

Gerak taksis berdasarkan datanganya rangsangan hanya dibedakan menjadi 2, yaitu gerak kemotaksis (paku ke arah arkegonium) dan fototaksis (gerak kloroplas ke arah bagian sel yang terkena matahari)

Gerak endonom

Gerak endonom terjadi secara spontan dan tidak dipengaruhi faktor luar. Contoh siklosis atau aliran plasma dalam sel yang terjadi dengan sendirinya.

Tips Pintar
Cara menghafal mudah menentukan nama suatu gerak

Arah rangsangan
Seismo berarti berasal dari getaran
Foto berarti cahaya matahari
Hidro artinya air
Nikti artinya suasaana gelap
Kemo artinya kimia
Geo artinya gravitasi
Termo artinya suhu
Tigmo artinya  sentuhan

Jika disandingkan dengan gerakan-gerakan pada tumbuhan (etionom) maka akan memudahkan dalam penghafalan
Fototaksis (gerakan taksis yang rangsangannya ke arah sinar matahari)

Demikian pembahasan mengenai macam-macam gerak pada tumbuhan. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Norbert Marcell
Saya hanya seorang anak muda yang ingin berbagi mengenai pelbagai macam hal yang saya ketahui. Instagram @norbert_marcell14

2 thoughts on “Tumbuhan Juga Bisa Gerak Lho! Macam-Macam Gerak pada Tumbuhan

Leave a Reply

Top